Salah satu masalah yang akan timbul ketika anda memiliki sebuah bisnis atau usaha adalah tentang cara meningkatkan penjualan barang produksi anda. Pastinya anda pernah mengalami saat-saat dimana saat permintaan pasar sedang naik. Rasanya akan datang banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan karena kebanjiran pelanggan. Tentu saja kondisi tersebut tidak akan bertahan selamanya karena perekonomian yang sering naik dan turun dengan drastis. Barang-barang pokok yang dijual lebih mahal tentu saja ikut mempengaruhi usaha yang sedang anda jalankan.

Biasanya kondisi dimana perekonomian yang sedang lesu akan membuat pasar menjadi sepi karena banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berhemat daripada membelanjakan uang mereka. tentu saja hal tersebut akan membuat usaha atau bisnis anda menjadi sepi pelanggan bukan? Nah, saat kondisi tersebut muncul, akan sangat sulit sekali menemukan cara jitu untuk meningkatkan penjualan.

 

Bagaimana Caranya? Berikut ini ada beberapa tips jitu agar anda bisa menyelamatkan bisnis anda dan mampumeningkatkan penjualan produk seperti biasanya, atau bahkan bisa dua kali lipat lebih banyak.

  1. Pakai Strategi “Jemput Bola”

Jangan pernah ragu untuk melakukan strategi marketing yang satu ini karena ternyata sangat efektif sekali. Ketika perekonomian sedang lesu, anda harus lebih aktif dalam menarik minat calon pelanggan. Lakukanlah kegiatan promosi secara langsung dimana anda berinteraksi dengan calon pelanggan, contohnya seperti memperlihatkan contoh barang, memberikan sedikit sample makanan, dan sebagainya berdasarkan bisnis yang sedang anda jalankan.

  1. Memberikan Potongan Harga Khusus

Memberikan diskon atau potongan harga juga bisa dijadikan alternatif lain untukmeningkatkan penjualan. Tapi anda jangan sembrono dalam memberikan diskon jika tidak mau bisnis anda menjadi rugi. Sebaiknya anda memberikan diskon pada barang-barang tertentu saja, misalnya clearance sale, beli 2 gratis 1, atau memberikan diskon besar bagi pelanggan yang bisa mengajak 5 orang lain untuk membeli produk anda.

  1. Target Pasar Lebih Spesifik

Anda harus memastikan kalau produk yang anda jual bisa ditemukan oleh masyarakat dengan mudah. Biasanya orang akan sangat malas sekali untuk berbelanja atau mencari suatu barang ketika perekonomian sedang lesu. Oleh sebab itu, usahakan agar produk jualan anda bisa mereka temukan tanpa harus bersusah payah.

  1. Promosi yang Lebih Menarik

Banyak kasus terjadi dimana orang akan tetap tertarik berbelanja walaupun keadaan ekonomi sedang krisis apabila barang tersebut sangat menarik. Agar calon pelanggan tertarik tetap membeli produk anda, maka sebaiknya ubahlah cara marketing bisnis anda sebelumnya. Anda bisa menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, ataupun twitter agar lebih menarik. Gunakanlah berbagai gambar dan video menarik terkait dengan produk yang anda jual.

Dengan keempat tips jitu tersebut, anda bisa meningkatkan penjualan produk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya lagi. Meskipun perekonomian sedang lesu sehingga membuat banyak orang menjadi berhemat dan malas berbelanja, strategi penjualan yang tepat bisa mengatasi segala hal tersebut.