Era Digital saat ini sangat menguntungkan bagi anda yang tengah merintis bisnis kecil-kecilan. Dimana media sosial bisa menjadi sebuah etalasi toko di dunia maya yang mampu mendatangkan calon pembeli dari berbagai daerah. Dengan berbekal akun media sosial seperti Facebook atau Instagram, anda sudah bisa menjual produk secara online.

 

Situs jual beli online selain dimanfaatkan untuk mencari barang dengan mudah, bisa juga digunakan sebagai media pemasaran. Tak hanya menggunakan media sosial, ada juga layanan e-commerce yang bisa dimanfaatkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Badan Pusat Statistik menyebut pertumbuhan usaha perdagangan berbasis online meningkat dalam 10 Tahun Terakhir, tepatnya menjadi 26 juta lebih atau naik sebesar 17 persen. Lonjakan ini diikuti jumlah pelaku UKM yang mencapai 55 juta unit lebih.

Tertarik memasarkan produk anda melalui situs jual beli online? Berikut tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memasarkan produk melalui situs online :

Pertama, Perhatikan fitur - fitur yang ada di situs online tersebut, apakah fitur yang ada mampu menjembatani produsen untuk melakukan transaksi jual beli dengan cepat, mudah, dan aman.

Kedua, pastikan apakah produk anda termasuk ke dalam kategori yang disediakan oelh situs jual beli tersebut, sehingga bisa mempermudah pencarian nantinya.

Ketiga, cek apakah tim dari situs online tersebut mudah dihubungi dan bersikap kooperatif. Sehingga mempermudah kerjasama anda dalam hal komunikasi dan koordinasi dengan situs tersebut.