kita sering mendengar istilah Penjualan(Sales) dan Pemasaran (Marketing) digunakan bersama-sama. Dalam beberapa kasus hal ini adalah logis karena keduanya berkebutuhan untuk bekerja sama. Namun pada kenyataannya, mereka adalah dua fungsi yang sangat  berbeda dan memerlukan keterampilan yang berbeda pula.

 

 Penjualan = menjual produk yang sudah ada

Sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk saja, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.

 Pemasaran = menempatkan posisi prusahaan pada Pelanggan, Sekarang dan untuk Masa Depan

 

 

 

Pekerjaan utama dari Marketing adalah untuk memahami pasar dari perspektif pelanggan melihat kembali terhadap perusahaan dan membantu memimpin perusahaan berada di masa depan. Pekerjaan pemasaran adalah untuk mengarahkan organisasi ke arah segmen, atau kelompok pelanggan dan saluran di mana perusahaan dapat bersaing. Hal ini akan membantu organisasi melihat apakah perlu memodifikasi penawaran produk, penetapan harga dan komunikasi sehingga memenuhi kebutuhan saluran distribusi atau konsumen akhir.

Konsep marketing yang terkenal yaitu:

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion

Ke empat faktor itu dikenal sebagai 4P bauran pemasaran atau marketing mix, dan karena ilmu marketing bukanlah sebuah ilmu pasti maka teori bauran pemasaran ini terus berkembang. Saat ini dikenal juga istilah 7P dimana selain 4P diatas ditambah dengan People, Physical Evidence dan Process.

Saat ini perilaku pasar terus berubah. Tugas pemasaran adalah untuk tetap di depan perubahan, dan membantu para pemburu atau tim sales melihat di mana mereka harus berburu dan menyediakan mereka amunisi yang tepat. Jika Pemasaran hanya terfokus pada memberikan amunisi untuk hari ini, dan tak seorang pun akan melihat di mana industri bergerak atau di mana perusahaan perlu untuk berburu berikutnya, maka hal ini akan membatasi pertumbuhan bisnis. Untuk itulah Sales dan Marketing harus bekerjasama.