Pertanyaan:

Bagaimana tips membuat tampilan produk yang menarik untuk dipasarkan secara online?

 

Jawaban:

Untuk membuat produk yang dipasarkan secara online lebih menarik bisa dimulai dari tampilan konten produk. Berikut ini merupakan tips untuk membuat tampilan konten lebih menarik:

  1. Pastikan kualitas gambar produk baik, resolusi gambar tidak terlalu kecil sehingga gambar tidak pecah namun tidak terlalu besar sehingga dapat menghemat storage.
  2. Pastikan gambar produk benar-benar merepresentasikan bentuk produk yang sebenarnya. Gambar produk bisa diambil dari beberapa sudut agar calon pembeli bisa melihat produk secara utuh.
  3. Buat deskripsi produk yang terperinci dengan mengutamakan manfaat, khasiat, fungsi produk dan sebagainya dengan bahasa yang mudah dipahami dan kata kunci yang menarik.

 

Pertanyaan:

Bagaimana cara memperluas pangsa pasar produk eksisting?

 

Jawaban:

Memperluas pangsa pasar dapat dilakukan dengan cara melalukan improvement dari sistem pengelolaan marketing mix (product, place, price, promotion) yang kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Buat produk atau paket produk yang sesuai dengan kebutuhan target pasar. Tampilan produk juga perlu diperhatikan agar lebih menarik minat pembeli
  • Pasarkan produk ditempat-tempat yang strategis dimana target pembeli mudah mengakses produk tersebut
  • Bandrol produk dengan harga yang sesuai karena harga yang terlalu tinggi dapat mengurangi minat pembeli dan memberi kesempatan kepada kompetitor untuk masuk dalam kompetisi atau dapat mengganti produk kita dengan produk substitusi.
  • Lakukan promosi untuk meningkatkan awarness calon pembeli. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara memasang iklan, menyebar brosur, melakukan presentasi di kalangan komunitas, perusahaan, atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih masiv

 

Pertanyaan:

Bagaimana cara memulai berjualan online?

 

Jawaban:

Online Marketing atau pemasaran secara online merupakan suatu metode untuk memasarkan produk atau jasa melalui media Internet. Untuk memasarkan produk secara online, Penjual dapat memanfaatkan sosial media, market place, maupun website online store berbayar lainnya. Pemasaran produk melalui media sosial dapat dilakukan melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Pemasaran produk melalui situs marketplace dapat dilakukan melalui blanja.com, lazada, tokopedia, dan sebagainya. Pemasaran produk melalui website online store dapat dilakukan melalui jarvis store, microsite, dan sebagainya. Untuk memulai berjualan secara online, pastikan agar konten yang ditampilkan menarik

 

Pertanyaan:

Bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik?

 

Jawaban:

Hal pertama kali memikan pelanggan akan suatu prodak adalah tampilan luar dari produk itu sendiri. Maka dari itu cara penjual dalam mengemas produknya juga perlu diperhatikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengemasan barang adalah sebagai berikut:

  • Gunakan desain kemasan yang unik namun tidak menghilangkan fungsi utama pengemasan produk yaitu sebagai pelindung produk dari kerusakan-kerusakan. Perhatikan pula sanitasi kemasan.
  • Tambahkan label-label yang berfungsi sebagai “pesan khusus” yang perlu diperhatikan oleh pembeli seperti label kehalalan produk, label masa kadaluarsa, label mekanisme handling produk untuk barang pecah belah, dan sebagainya.

 

Pertanyaan:

Bagaimana cara mengelola Sumber Daya Manusia yang sudah dimiliki saat ini agar lebih optimal?

 

Jawaban:

Sumber daya manusia merupakan penggerak utama dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu pengelolaan sumber daya manusia yang baik dapat mengoptimalkan proses bisnis yang sedang berjalan. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mengelola sumber daya manusia:

  • Sesuaikan kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan dengan jumlah Sumber daya manusia yang tersedia
  • Sesuaikan kemampuan sumber daya manusia dengan tugas dan wewenang nya
  • Berikan pelatihan sesuai dengan pekerjaan yang sedang ditugaskan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki.
  • Berlakukan reward and punishment untuk memicu kompetisi positif sumber daya manusia yang dimiliki.

 

Pertanyaan:

Bagiamana cara mendistribusikan produk secara optimal?

 

Jawaban:

Salah satu kunci sukses dalam memasarkan produk ke pelanggan adalah saluran distribusi yang baik sehingga dapat menyampaikan barang atau jasa ke pelanggan. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pendistribusian barang atau jasa ke pelanggan:

  1. Agen distribusi atau franchise

Agen distribusi atau franchise dapat memperpendek jarak antara penyedia barang atau jasa utama ke pelanggan akhir. Pembentukan agen dapat mempersingkat waktu penyampaian barang atau jasa ke pelanggan sehingga proses delivery barang atau jasa ke pelanggan dapat lebih cepat

  1. Bekerjasama dengan agen ekspedisi

Apabila kemampuan usaha kita belum bisa untuk membuka cabang atau merekrut agendistribusi, maka langkah yang dapat dilakukan adalah bekerjasama dengan agen ekspedisi untuk mendeliver barang atau jasa langsung dari produsen utama ke pelanggan. Agen ekspedisi yang dapat diajak untuk bekerjasama bisa berasal dari agen ekspedisi konvensional. Sedangkan untuk wilayan tertentu, Agen ekspedisi yang dapat diajak untuk bekerjasama bisa menggunakan jasa agen ekspedisi berbasis online seperti ojek online.

 

Pertanyaan:

Bagaimana tips membuat brand yang baik?

 

Jawaban:

Kekuatan brand juga mempengaruhi terhadap penjualan dari suatu produk. Makadari itu diperlukan strategi dan tahapan dalam membangun brand suatu produk.  Berikut ini beberapa tips membangun brand dari suatu produk:

  1. Mudah diingat

Brand baik merupakan brand yang mudah diingat dan tingkat awarness yang tinggi di benak masyarakat. Brand yang mudah diingat cenderung menggunakan kata-kata yang familiar dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu untuk membangun brand yang mudah diingat, gunakan kata-kata yang simpel,unik, dan sesuai dengan produk.

  1. Logo yang menarik

Untuk membangun brand produk yang melekat dibenak masyarakat, gunakan logo untuk memvisualisasikan esensi brand. Logo dapat berfungsi sebagai icon atau simbol yang menyempaikan pesan keunggulan produk kepada masyarakat. Maka dari itu, gunakan logo yang simpel dan merepresentasikan keunggulan produk untuk membantu mengingkatkan brand awarness.

 

Setiap usaha adalah unik, untuk mendapatkan insight yg sesuai dg usaha anda, silahkan hubungi Sobat UKM segera dan dapatkan insight solutif dari Team Expert Sobat UKM yg telah berpengalaman dalam membangun usaha nya.